TES
SUMATIF 2
Pilihlah
Jawaban Yang Tepat dari Pertanyaan Berikut Ini!
1.
Suatu perbuatan disebut bernilai akhlak, jika ia dilakukan dengan:
A. Senang B.
Disengaja
C. Spontanitas D.
Refleks
2.
Suatu perbuatan disebut baik, jika ia sesuai dengan:
A. Agama, budaya setempat dan nalar sehat
B. Agama dan nalar saja.
C. Agama saja
D. Nalar dan budaya saja, sebab agama hanya Tuhan yang tahu.
3.
Munculnya akhlak tidak terpuji di kalangan remaja Muslim disebabkan antara
lain:
A.
Tidak paham agama B.
Tidak berfungsinya hukum secara baik
C.
Karena pengaruh lingkungan D.
Semua jawab benar
4.
Baik atau buruk merupakan aspek yang terkait dengan:
A. Siapa yang melakukan B.
Bagaimana cara melakukan
C. Apa hasil perbuatan D.
Bagaiman nilai perbuatan
5.
Benar dan salah merupakan aspek yang berhubungan dengan:
A. Norma perbuatan B.
Cara melakukan
C. Siapa yang melakukan D.
Kapan dilakukan.
6.
Dalam akhlak, adat-istiadat merupakan yang tidak bisa lepas dari masyarakat.
Oleh sebab
itu
adat-istiadat:
A. Perlu menjadi pertimbangan dalam menentukan nilai perbuatan
B. Tidak perlu, karena adat ada yang baik dan ada yang buruk
C. Perlu karena, adat bahkan bisa mengalahkan kebenaran agama
D. Semua jawaban benar
7. Surat dalam
alqur’an yang terkait dengan dilarangnya permainan judi terdapat pada:
A. Al-Anbiya’, ayat 5. B.
Al-Baqarah, ayat 15
C. Al-Baqarah, ayat 17 D.
al Baqarah, ayat 12
8.
Bentuk jamak dari Akhlak adalah…
A. Khuluqun B.
Khaliqun
C. Khalaka D.
Khalaqun
9.
Dibawah ini adalah para pakar akhlak kecuali :
A. Ibn Maskawaih B.
Iman al-Gazali
C. Wasil bin Atha D.
Ahmad Amin
10.
Yang termasuk perbuatan akhlak kecuali :
A. Jujur B.
Bohong
C. Dermawan D.
Perbuatan reflex
11.
Yang tidak termasuk perbuatan akhlak adalah :
A. Automatic action B.
Lupa
C. Dipaksa D.
Semuanya benar
12.
Ilmu akhlak mengandung unsur antara lain :
A. Menjelaskan pengertian baik dan buruk
B. Menjelaskan mana yang patut diperbuat
C. Menunjukkan jalan lurus yang harus dilewati
D. Semuanya benar
13.
Syarat untuk menilai perbuatan itu baik atau buruk adalah :
A. Semua perbuatan dapat dinilai baik dan buruk
B. Dilakukan dengan sengaja
C. Pelaku tidak tau apa yang dilakukannya
D. Semua benar
14.
Perbuatan dapat dianggap akhlak apabila :
A. Semua perbuatan merupakan akhlak
B. Perbuatan tersebut sudah pernah dilakukan
C. Perbuatan tersebut dilakukan beulang-ulang kali sehingga
menjadi kebiasaan
D. Semua salah
15.
Yang termasuk perbuatan automatic action kecuali :
A. Perbuatan reflex
B. Perbuatan yang dilakukan dengan kesadaran
C. Lupa
D. Denyut urat nadi
16.
Ilmu akhlak menjamin seseorang untuk :
A. mengetahui perbuatan baik dan buruk
B. berakhlak mulai
C. masuk surga
D. semua benar
17.
Tujuan Islam menetapkan undang-undang yang menghukum orang yang suka meminum
khamar
ataupun mengkonsumsi narkoba adalah demi….
A. Untuk menjaga mengatur masyarakat
B. Untuk mendapatkan kesenangan dan keamanan
C. Untuk mendapatkan kedamaian dalam hidup berumah tangga
D. Untuk menjaga masyarakat dari bahaya yang ditimbulkan
18.
Diantara maqasidus syari’ah adalah menjaga keberlangsungan
kehidupan manusia
dengan
memiliki keturunan serta menjaga kualitas generasi penerus, untuk
mewujudkannya
maka dalam islam ada larangan…….
A. Membunuh orang lain tanpa alasan yang dibenarkan
B. Merampas dengan menggunakan kekerasan
C. Melakukan hubungan suami istri tanpa ikatan pernikahan yang sah
D. Mengkonsumsi narkoba dan alcohol yang merusak akal manusia
19. Salah
satu cara yang baik untuk menanamkan adab yang baik seoarang anak kepada
orang
tuanya adalah…..
A.
Menuruti semua keinginannya
B.
Bersikap santun dan lemah lembut kepada semua orang serta tidak membeda-bedakan
ras, agama, dan suku.
C.
Memeberikan tugas tertentu untuk dikerjakan.
D.
Memukul jika anak melakukan kesalahan.
20.
Orang yang meyakini bahwa yang mendatangkan musibah Bukan Allah melainkan
makhluk
tertentu. Maka dalam hal ini orang tersebut masuk dalam kategori …….
A. Uluhiyah
B. Rububiyah
C. Asma’ wa
sifat
D. Perbuatan
Jawablah
Pertanyaan Berikut Ini dengan Benar!
1.
Coba saudara jelaskan contoh pengembangan konsep hidup bersih yang lebih luas.
2.
Di antara akhlak yang terpuji adalah menghormati dan memanfaatkan waktu secara
baik. Sebutkan satu saja ayat al-Qur’an yang terkait dengan waktu.
3.
Coba saudara sebutkan bagaimana cara yang ditempuh untuk mendidik anak yang
malas membaca di rumah.
4.
Coba saudara sebutkan bagaimana cara yang ditempuh untuk mendidik anak aktif di
kelas.
5.
Jelaskan bahaya perbuatan Syirik!
21. Allah
Swt memiliki sifat-sifat wajib seperti Qida>m, Baqa>’, Mukha>lafatu Lil-
H}awa>dis}i, Qiya>muhu bi-Nafsihi, dan
Wah}da>niyah. Sifat-sifat ini masuk
kategori sifat…
a. Salbiyah b.
Nafsiyah
c. Ma’ani d.
Ma’nawiyah
22. Allah
Swt pernah berfirman secara langsung dengan salah satu Rasul-Nya, sehingga
dia dijuluki sebagai Kali>mulla>h.
Siapa nabi tersebut?
a. Muhammad Saw b.
Musa as
c. Ibrahim as d. Isa as
23. Allah
Swt mempunyai sifat wajib Baqa>’ yang artinya kekal. Sifat mustahil dari
Baqa>’ adalah…
a. Adam b.
Ta’addud
c. ‘Ajzun d.
Fana>’
24. Wa
Rabbuka Yakhluqu Maa Yasyaa’ Wa Yakhtar maa Kaana Lahumul Khairah
(Dan
Tuhanmu menciptakan dan memilih apa yang Dia kehendaki. Bagi mereka (manusia)
tidak ada pilihan…). Ayat ini menjelaskan tentang…
a. Sifat Wajib bagi Allah Swt b.
Sifat Mustahil bagi Allah Swt
c. Sifat Jaiz bagi Allah Swt d.
Sifat Sunnah bagi Allah Swt
25. Dalam
Q.S. Yasin [36]: 82: “Sesungguhnya urusan-Nya apabila Dia menghendaki
sesuatu Dia hanya berkata kepadanya,
“Jadilah! Maka jadilah sesuatu itu” Aya ini
menjelaskan tentang sifat wajib bagi
Allah Swt…
a. Qudrah b.
Wah}da>niyah
c. Qiya>muhu bi-Nafsihi d.
Muri>dan
26. Sifat
Allah Swt yang memiliki pengertian kekuatan, hegemoni, ketinggian, dan
mengendalikan adalah…
a. An-Na>fi’ b.
Al-‘Adl
c. Al-‘Azi>z d.
Al-Qayyu>m
27. Allah
Swt memiliki sifat an-Na>fi’. Untuk meneladani sifat an-Na>fi’ dalam
kehidupan sehari-hari yang dapat
dilakukan adalah dengan menjadi…
a. Pemaaf dan tidak mudah dendam
b. Dermawan yang suka berbagi rezeki bagi orang-orang yang
membutuhkan
c. Berlaku adil dalam mengambil keputusan dan bertindak
d. Orang yang bermanfaat bagi orang lain
28. إِنَّه
هُوَٱألبَرٱلرَّحِيمُ… (Dialah Yang Maha
Melimpahkan Kebaikan, Maha
Penyayang. Menurut M.
Quraish Shihab penggandengan sifat al-Barr dengan ar-
Rahi>m
mengisyaratkan…
a. Allah
Swt menganugerahkan nikmat kepada manusia semata-mata karena kasih
sayang-Nya.
b. Allah Swt memberikan nikmat kepada hamba-hamba-Nya yang beriman
c. Allah Swt Maha Baik dalam memberikan nikmat-Nya
d. Kebaikan Allah Swt kepada hamba-hamba-Nya adalah nikmat iman
dan Islam.
29. Orang
Islam wajib memberikan rasa aman bagi orang lain. Bahkan, jangan sampai lisan
dan
tangannya membuat orang lain merasa terancam dan tidak nyaman. Perilaku ini
meneladani
sifat wajib Allah Swt…
a. Al-H}a>fiz} b.
Al-Waki>l
c. Al-Kari>m d.
Al-Mu’min
30.
Allah Swt adalah Maha Menjaga dan Maha Memelihara semua makhluk-Nya atas apa
yang
mereka lakukan, baik maupun buruk. Allah Maha Menjaga disebut…
a. Al-Ja>mi’ b.
Al-Waki>l
c. Al-H}a>fiz d.
Al-A>khir
31.
Semua makhluk-Nya juga tidak akan mampu menimbulkan mara bahaya jika tidak
dikehendaki
oleh Allah, karena Allah Maha Kuasa (Kokoh) atas semua kekuatan-
kekuatan
yang dimiliki oleh makhluk-Nya. Hal ini menggambarkan sifat Allah Swt…
a. Al-Ja>mi’ b.
Al-Mati>n
c. Al-H}a>fiz d.
Al-Awwal
32. Allah
Swt adalah Maha Pemberi Rezeki kepada semua makhluk-Nya. Dalil Al-Qur’an
yang
menjelaskan tentang sifat Ar-Razza>q adalah…
a. Q.S. Al-Mulk [67]: 15 b.
(Q.S. A>li Imra>n [3]: 173)
c. Q.S An-Naas [114]: 2 d.
Q.S. Al-Fatihah [1]: 4
33.
Salah satu bentuk meneladani sifat Allah Swt “Al-Malik” adalah berikut ini,
kecuali…
a.
Menyakini bahwa Allah Swt adalah Maha Raja Yang Menguasai alam semesta
b.
Menyakini bahwa Allah Swt yang pada dasarnya yang mengangkat seseorang menjadi
penguasa dan Allah Swt juga yang dapat menurunkan kekuasaan tersebut.
c.
Menyakini bahwa Allah Swt adalah pemilik alam semesta.
d.
Menyakini bahwa Allah Swt yang mengelola alam semesta dengan bijaksana untuk
memenuhi kebutuhan manusia sebagai kholifah di muka bumi.
34.
Allah Swt Maha Pengampun atas dosa-dosa dan kesalahan manusia, oleh karena itu,
manusia
dianjurkan banyak memohon ampunan kepada Allah Swt. Tetapi ada dosa yang
tidak
bisa diampuni kecuali dengan Tobat yang bersungguh-sungguh (Taubatan Nasuha)
adalah…
a. Syirik dan menghardik orangtua b.
Syirik dan Kufur
c. Zina dan Kufur d.
Meninggalkan sholat dan Syirik
35.
Menyakini bahwa Allah adalah Zat Yang Paling Mulia, sehingga kita tidak boleh
terlalu
memuliakan
manusia melebihi kemuliaan Allah Swt. Adalah meneladani sifat Allah
Swt…
a. Al-Mu’min b.
Al-Waki>l
c. Al-Mati>n d.
Al-‘Azi>z
36.Ratu
Bilqis dalam Kisah Nabi Sulaiman a.s diceritakan sebagai seorang ratu yang
bijaksana
dalam memerintah rakyatnya. Ratu Bilqis memerintah di Negeri…
a. Mesir b.
Palestina
c. Saba’ d.
Madinah
37.
Nabi Sulaiman a.s. mewarisi kerajaan yang megah dari ayahandanya. Siapakah
ayahanda
Nabi Sulaiman as?
a. Nabi Ilyas as b.
Nabi Dawud as
c. Nabi Ibrahim as d. Nabi Musa as
38.
Allah Swt juga menganugerahkan kepada Nabi Sulaiman a.s dapat memahami
bahasa
hewan, seperti dalam kisah bagaimana Nabi Sulaiman a.s berdialog dengan
burung
Hud-Hud dan semut. Kedua kisah ini didokumentasikan oleh Allah dalam
al-Qur’an
surah…
a. Al-Qashash b.
Al-Anbiya>’
c. Al-Baqarah d.
an-Naml
39.
Kisah Ashabul Kahfi ini diabadikan oleh Allah Swt dalam Q.S. Al-Kahfi. Menurut
M.
Quraish
Shihab, surah ini dinamakan “al-Kahf” yang berarti…
a. Penghuni b.
Gua
c. Pemuda d. Raja
40.
« Dan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan
tahun.
« (QS. al-Kahfi [18]: 25). Siapakah yang dimaksud dalam ayat
tersebut?
a. Nabi Sulaiman as b.
Ashabul Kahfi
c. Nabi Muhammad Saw d.
Nabi Musa as
41. Salah
satu hikmah kisah Ashabul Kahfi adalah…
a. Melarikan diri dari tanggungjawab keluarga dan sembunyi di Gua
b. Menentang raja yang zalim yang memaksakan kehendak
c. Tunduk terhadap perintah raja untuk menjalankan misi
d. Mempertahankan keimanan walaupun dalam ancaman penguasa zalim
42. Nabi
Yunus bin Matta merupakan keturunan Benyamin bin Ya’qub bin Ishaq bin
Ibrahim.
Nabi Yunus lahir di negara…
a. Palestina b.
Mesir
c. Pakistan d.
Madinah
43. Nabi
Yunus a.s memiliki dua gelar, yaitu S}a>hib al-H}u>t dan Zun
Nun. Apa arti
dari
}a>hib al-H}u>t?
a. Orang yang banyak bertasbih kepada Allah dan sebaik-baik
hamba-Nya.
b. Orang yang berada dalam perut ikan Paus
c. Orang yang banyak beribadah
d. Orang yang banyak bersedekah
44. “Dan ambillah seikat (rumput) dengan
tanganmu, lalu pukullah dengan itu
danjanganlah engkau melanggar sumpah…” (Q.S
S}ad [38]: 44). Ayat ini
menjelaskan
kisah tentang?
a. Nabi Sulaiman as dengan Ratu Bilqis b. Nabi Yunus as dengan umatnya
c. Nabi Ayyub as dengan istrinya d.
Nabi Dawud as dengan Nabi Sulaiman As
45.
Siapakah Sahabat Nabi yang dipilih menjadi Kholifah dengan cara ditunjuk karena
pernah
menggantikan Nabi Muhammad Saw menjadi imam sholat…
a. Abu Bakar Ash-Shidiq ra b.
Umar bin Khattab ra
c. Ali bin Abi Thalib ra d.
Usman bin Affan ra
46.
Umar bin Khattan diberikah gelar “Al-Faruq” karena…
a. Berbeda dengan para sahabat lainnya
b. Berani menunjukkan keislamannya saat masih di Makkah
c. Berani dalam melawan musuh-musuh Nabi Muhamad Saw
d. Menjadi mertua Rasulullah
47.
Usman bin Affan diberikan gelar sebagai dzun-nurain (pemilik dua cahaya)
dikarenakan…
a. Sahabat Nabi yang terkenal banyak sedekah dan pemalu
b. Sahabat Nabi yang menikah dua putri Rasulullah
c. Sahabat Nabi yang menjadi Khalifah setelah Umar bin Khattab
d. Sahabat Nabi yang banyak melakukan kebaikan dan meninggalkan
keburukan
48.
Rasulullah Saw pernah bersabda, “Barang siapa membeli sumur Rawmah,
baginya
surga.” Siapakah
Sahabat Rasul yang dapat membeli sumur tersebut?
a. Abu Bakar Ash-Shidiq ra b.
Umar bin Khattab ra
c. Ali bin Abi Thalib ra d.
Usman bin Affan ra
49.
Sahabat Rasul yang merupakah bagian dari Nabi Muhammad Saw dan dikenal
memiliki
ilmu yang luas adalah…
a. Abu Bakar Ash-Shidiq ra b.
Umar bin Khattab ra
c. Ali bin Abi Thalib ra d.
Usman bin Affan ra
50.
Apa arti dari Khulafaur Rosyidin?
a. Para khalifah yang sukses b.
Para Khalifah yang arif bijaksana
c. Para Khalifah yang dijamin masuk surgad. Para Khalifah yang
diridloi Allah
51.
Yang bukan termasuk ruang lingkup kajian Akidah dan Akhlak adalah…
a. Syariah b.
Kisah-kisah teladan
c. Tasawuf d.
Akhlak tercela
52.
Keyakinan yang menyatakan bahwa semua perbuatan manusia akan mendapatkan
balasan
dari Allah. Hal ini menunjukkan salah satu prinsip akidah islam yaitu…..
a. Allah Maha Bijaksana b.
Allah Maha Adil
c. Allah Maha Pengampun d.
Allah maha pengasih
53.
Akidah Akhlak juga terkait dengan disiplin ilmu lain diantaranya sejarah, hal
ini
tampak
dalam pembahasan materi akidah akhlak terkait dengan ilmu..
a. Tauhid b.
Fikih
c. Filsafat d.
Kalam
54.
Hubungan antara akidah dan Syariah adalah….
a. Syariah sebagai dasar akidah b.
Akidah lebih penting dari Syariah
c. Akidah sebagai dasar syariah d.
Syariah adalah buah dari akidah
55.
Untuk menjembatani terhadap adanya kekuasaan Allah mutlak dengan adanya sifat
kebebasan
dalam diri manusia, muncullah konsep al-Kasb. Konsep ini dicetuskan
oleh:
a. Imam Al-Asy’ari b.
Al- Jubba’i
c. Imam Maturidi d.
Imam Al-Ghazali
56.
Golongan yang menganut paham “free will and free act" adalah....
a. Syi’ah b. Khawarij
c. Qadariah d.
Mu’tazilah
57.
Asy’ariyah disebut aliran tradisional dalam Islam, artinya:
a. Ajarannya hanya tepat untuk masyarakat yang berpikirnya
sederhana
b. Ajarannya lebih banyak menggunakan tradisi
c.
Ajarannya didasarkan kepada al-Qur’an dan Hadis kemudian diperkuat dengan akal
d. Asya’ari tidak menggunakan logika dalam agama.
58.
Pendapat Asy‘ariah mengenai pelaku dosa adalah.…
a.
Bila berkaitan dengan keyakinan maka ia menjadi kafir tapi bila berkaitan
dengan perbuatan atau ucapan ia tetap mukmin ‘ashi
b.
Ia tetap menjadi mukmin fasiq.
c.
Ia bukan mukmin dan bukan kafir
d.
Ia tetap mukmin dan muslim
59.
Pendapat Mu’tazilah terhadap pelaku dosa adalah ia berhak menyandang gelar.…
a.
Mukmin Fasiq b.
Mukmin Ashi
c. Kafir d.
Fasiq [ tidak mu’min dan tidak kafir]
60.
Pandangan yang menyatakan bahwa seluruh perbuatan manusia adalah perbuatan
Tuhandikemukakan
oleh aliran…
a. Jabariah b.
Qadariah
c. Asy’ariah dan Maturidiah d.
Syi’ah
61.
Pendekatan rasional filosofis dapat digunakan dalam pembelajaran Akidah Akhlak
khususnya
dalam pembahasan masalah….
a. Akhlak b.
Kisah kisah teladan
c. Ilmu kalam d.
Asmaul husna
62.
Keadilan Tuhan merupakan salah satu prinsip ajaran dari teologi…
a. Mu’tazilah b.
Maturidiyah
c. Khawarij d.
Asy’ariyah
63.
Kontak senjata antara pasukan Ali bin Abi Thalib dengan pasukan Muawiyah
berhenti
setelah adanya tahkim. Dari peristiwa tahkim ini muncullah tiga aliran
besar
dalam
teologi
Islam yaitu:
a. Jabariyah-mu’tazilah-syi’ah b.
Syi’ah-khawarij-murji’ah
c. Khawarij-Murji’ah-Mu’tazilah d.
Mu’tazilah-khawarij-Jabariyah
64.
Penggagas formula sifat wajib Allah yang berjumlah 20 adalah:
a. Abu Hasan Al-Asy’ari b.
Al-Mu’tazily
c. Ma’bad Al-Juhany d.
Imam Hambali
65.
Aliran Mu’tazilah dikenal sebagai aliran rasional dalam ilmu kalam, artinya
Mu’tazilah…
a. banyak menggunakan akal ketika bicara
b. meninggalkan ayat-ayat al-Qur’an
c. selalu menggunakan logika dalam mempertahankan keyakinan agama.
d. melarang pengikutnya untuk menjadikan al-Qur’an sebagai sumber
kebenaran
66.
Akhlak adalah bentuk jamak dari…
a. Khuluqun b.
Khaliqun
c. Khalaka d.
Khalaqun
67.
Maqa>ma>t berarti:
a. Kuburan
b. Perjalanan
c. Situasi kejiwaan yang diperoleh seorang sufi sebagai karunia
dari Allah
d. Jenjang atau terminal menuju kedekatan dengan Tuhan
68.
Al-Ahwa>l adalah:
a. Terminal
b. Persinggahan
c. Situasi kejiwaan yang diperoleh seorang sufi sebagai karunia
dari Allah
d. Jenjang atau terminal menuju kedekatan dengan Tuhan
69. األخلاقهيصفاتالانسانالادابية. . Definisi akhlak yang
disampaikan oleh
Abd.Hamid
Yunus berarti…
a. Maka
Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan
ketakwaannya”.
b. “Akhlak ialah segala sifat manusia yang
terdidik”
c. Keadaan
jiwa yang mendorongnya untuk melakukan perbuatan-perbuatan
tanpa
melalui pertimbangan pikiran (lebih dulu)
d. “Bangsa itu hanya bisa bertahan selama
mereka memiliki akhlak. Bila
akhlak telah lenyap dari mereka,
merekapun akan lenyap pula”.
70.
Aliran yang menyatakan bahwa yang baik adalah yang berguna disebutdengan…
a. Hedonisme b.
Vitalisme
c. Sosialisme d.
Utilitarisme
71.
Kata Tawasuf juga berasal dari “Ahlu suffah” ( أهلالصفة ) yang artinya…
a.
Para Sahabat Nabi Muhammad Saw yang tekun beribadah
b.
Sekelompok orang pada masa Rasulullah yang hidupnya diisi dengan
banyak
berdiam diri di serambi-serambi masjid, dan mereka mengabdikan
hidupnya
untuk beribadah kepada Allah
c.
Orang-orang yang ketika shalat selalu berada di shaf paling depan
d.
Sebangsa buah-buahan kecil yang berbulu-bulu, yang banyak sekali
tumbuh
di padang pasir di tanah Arab
72.
“Sungguh, Allah telah menerima tobat Nabi, orang-orang Muhajirin dan orangorang
Ansar,
yang mengikuti Nabi pada masa-masa sulit, setelah hatisegolongan dari
mereka
hampir berpaling, kemudian Allah menerima tobatmereka. Sesungguhnya
Allah
Maha Pengasih, Maha Penyayang kepadamereka. » (QS at-Taubah [9]: 117).
Atas
dasar ayat ini, menurut Ibnul QayyimAl-Jauziah bahwa Maqam paling
puncak
(akhir) dalam Tasawuf adalah…
a. Ridla b.
Makrifat
c. Sabar d.
Tobat
73.
Tokoh yang berpendapat bahwa “Makrifat” sebagai maqam puncak dalam
Sufisme
adalah…
a. Rabiah al-Adawiyah b.
Al-Halaj
c. Abu Bakar al-Kalabadzi d.
Ibnu Arabi
74.
Aliran tasawuf yang memiliki cara hidup sejalan dengan apa yang telah
dikemukakan
al-Qur’an dan Sunnah Nabi saw., secara skripturalis dan antitakwil
dalam
wacana Kalam disebut dengan…
a. Akhlaqi b.
Falsafi
c. Amali d.
Salafi
75.
Beberapa terma yang masyhur beserta para tokohnya yaitu; hulul, wahdah
al~wujud,
insan kamil, wujud mutlak, dan lain-lain. Terma ini ada dalam tradisi
Tasawuf…
a. Falsafi b.
Akhlaqi
c. Amali d.
Salafi
76.
Berikut ini salah satu tokoh Tasawuf yang mengembangkan Tasawuf Falsafi
adalah…
a. Imam al-Ghazali b.
Ibn Taymiyah
c. Abu Hasan Al-Asy’ari d.
Suhrawardi al-Maqtul
77.
Definisi dari tasawuf ‘irfa>ni adalah…
a.
Penyingkapan hakikat kebenaran atau ma’rifah kepada Allah tidak
diperoleh
melalui logika tetapi melalui hati yang bersih (suci)
b.
Tasawuf yang didasarkan pada gabungan teori tasawuf dan filsafat
c.
Tasawuf yang didasarkan pada teori perilaku, akhlak, dan budi pekerti atau
tasawuf
yang berkonsentrasi pada perbaikan akhlak
d.
Tasawuf sebagai cara hidup yang sejalan dengan apa yang telah
dikemukakan
al-Qur’an dan Sunnah Nabi saw
78.
Tarekat yang mengajarkan sikap zuhud dengan tidak harus menjauhi dunia,
tapi
mengosongkan hati dari selain Tuhan, disebut dengan tarekat…
a. Naqsyabandiyah b.
Syadziliyah
c. Khalidiyah d.
Qadiriyah
79.
Tarekat yang mengajarkan dua cara berzikir, yaitu zikir yang dibaca dengan
keras
(jahr) dan zikir dalam hati (kha>fi) disebut tarekat:
a. Naqsyabandiyah-Khalidiyah b.
Qadiriyah
c. Qadiriyah-Naqsyabandiyah d.
Syadzaliyah
80.
Mursyid yang mengajarkan tarekat dengan terpusat, displin dan konsep
ra>bitah
(pertautan dengan syaikh) sebelum menjalankan zikir adalah…
a. Mawlana Kha>lid al-Baghda>di
b. Abu al-Hasan al-Syadzili
c. Syeikh Muhyidin Abu Muhammad Abdul Qodir Jaelani Al Baghdadi QS
d. Syaikh Ahmad Khatib Sambas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar